BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "REAL MARINES"

KJK Taruna AAL Kunjungi Tempat Sejarah Perang Dunia II Di Prancis

AAL, Prancis (16/6/2023) | Dalam rangka melaksanakan pelayaran muhibah Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) tahun 2023 yang diikuti Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II angkatan 70 korps Pelaut, pada hari ini mengunjungi tempat-tempat sejarah perang dunia II di negara Perancis, Jumat (16/6).

Salah satunya Pantai Omaha merupakan nama kode yang diberikan Sekutu adalah sebuah lokasi pendaratan pantai Invasi Normandia, pada tanggal 6 Juni 1944. Pantai ini panjangnya sekitar 5,6 kilometer, dari Sainte Honorine des Pertes hingga Vierville sur Mer, Perancis.

Dimana pada tempat yang dikunjungi sekarang dahulunya merupakan tempat  pendaratan di Normandia dengan nama Operasi Neptune adalah operasi pendaratan Blok Sekutu ketika Invasi Normandia sebagai bagian dari Operasi Overlord saat Perang Dunia II. Pendaratan ini dilakukan dihari Selasa, 6 Juni 1944 jam 6:30 pagi waktu British Double Summer Time. 

Operasi amfibi adalah operasi militer ofensif yang menggunakan kapal untuk memproyeksikan kekuatan darat dan udara di suatu pesisir. Sepanjang sejarah operasi dilakukan dengan menggunakan kapal sebagai metode utama pengiriman pasukan ke pantai-pantai.

Menurut Palaklat Kartika Jala Krida 2023 Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo mengatakan tujuan para Taruna Tingkat II Angkatan ke-70 berkunjung ke tempat sejarah ini bertujuan untuk memahami seluruh tahapan operasi Amfibi yang merupakan mata kuliah Operasi Amfibi yang dipelajari dikampus Akademi Angkatan Laut. Sebagai implementasi ilmu tentang Doktrin Operasi Amfibi yang ada dijajaran Doktrin TNI khususnya TNI AL.

Posting Komentar

0 Komentar